Sub Menu

Welcome

Selamat datang di Coretan YOKE ASTRIANI - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali.
Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan YOKE ASTRIANI - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut artikel-artikel yang saya susun. Ada banyak hal tentang saya, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang 1701

Nama saya YOKE ASTRIANI, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...Terimakasih juga kepada DIAN BUDIANA yang telah mengajari saya membuat blog ini sehingga saya bisa sampai disini...

RESENSI BUKU NON FIKSI

Judul Buku       : Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Penulis             : Drs. Slameto

Penerbit           : PT. Rineka Cipta

Tahun Terbit    : 1995

Tebal Buku      : 195

ISBN               : 979-518-166-1

Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Perubahan  tingkah laku dalam belajar dapat terjadi secara sadar, bersifat kontinu dan fungsional, bersifat positif dan aktif, perubahan dalam belajar juga harus memiliki tujuan dan terarah.

            Jenis-Jenis belajar yaitu : Belajar Bagian, Belajar dengan wawasan, belajar diskriminatif, belajar dengan global, belajar instrumental, belajar intensional, belajar mental, produktif dan verbal. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Belajar dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu: Faktor intern adalah faktor yang ada di dalam individu yang sedang belajar, sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar individu. Di dalam faktor intern ada faktor jasmaniah, faktor psikologis, faktor kelelahan. Dan di dalam faktor ekstern ada faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat.
Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi karakteristik Afektif siswa yaitu :
1.         Motivasi dan keutuhan
motivasi adalah bermaksud sebab, tujuan atau pendorong, maka tujuan seseorang itulah sebenarnya yang menjadi penggerak utama baginya berusaha keras mencapai atau mendapat apa juga yang diinginkannya sama ada secara negatif atau positif.

2.         Minat
Minat adlah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh . mengembangkan minat terhadap sesuatu pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubunganantara materi yang diharapkan untuk mempelajarinya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Dan belajar merupakansuatu alat untuk mencapai beberapa tujuan yang dianggapnya penting, dan bila siswa melihat bahwa kemajuan pada dirinya, kemungkinan besar ia akan berminat (dan bermotivasi) untuk mempelajarinya.

3.         Konsep diri dan Aspirasi,
Konsep diri merupakan persepsi keseluruhan yang dimiliki seseorang mengenai  dirinya sendiri. Aspirasi adalah harapan atau keinginan seseorang akan suatu keberhasilan atau prestasi tertentu. Sehingga aspirasi akan mengerahkan dan mengarahkan aktivitas siswa untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

4.         Kecemasan,
Kecemasan merupakan salah satu emosi yang paling menimbulkan stress yang dirasakan oleh banyak orang. Kadang-kadang kecemasan juga disebut dengan ketakutan atau perasaan gugup. Setiap orang pasti pernah mengalami kecemasan pada saat-saat tertentu, dan dengan tingkat yang berbeda-beda. hal tersebut mungkin saja terjadi karena individu merasa tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi hal yang mungkin menimpanya dikemudian hari.

5.         Sikap.
Sikap adalah Perilaku yg di miliki oleh seseorang dan tertanam sejak dini,yang mana perilaku tersebut berbeda-beda...!!

Buku ini dapat memberikan strategi dalam konsep pembelajaran dan dapat menjelaskan faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya, dan semuanya ini dapat dirasakan sesuai dengan kehidupan yang kita rasakan, sehingga kita dapat mengetahui kekurangan belajar kita selama ini dan dapat memperbaiki cara belajar kita kedepannya.
Isi pembelajaran pada buku ini juga sangat tersetruktur sehingga para pembanca dapat mengerti, seperti contoh buku ini menjelaskan terlebih dahulu pengertian belejar, dan setelah ini menyebutkan faktor yang mempengaruhi dan menjelaskan karakteristik afektif siswa dalam pembelajaran.
Namun adakalanya seseorang memiliki cara belajar tersendiri, oleh karena itu buku ini akan sangat tidak cocok jika di baca oleh orang yang mempunyai cara belajar yang tidak teratur, dan santai. Karena dalam buku ini mengarah pada pembelajaran yang formal.

0 komentar:

Posting Komentar